Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC Ringan, Cocok Untuk Pemula Dan Profesional

Ingin menghasilkan video yang berkualitas dan menarik untuk sebuah konten? Artikel ini akan memberimu beberapa rekomendasi aplikasi edit video PC ringan.

Aplikasi ini akan membantu untuk menghasilkan video yang lebih menarik. Yuk simak informasi dibawah ini:

Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC Ringan

Kamu tidak perlu khawatir tidak bisa membuat video konten karena spesifikasi laptopmu tidak mumpuni. Berkembangnya teknologi yang pesat, membuat banyak aplikasi edit video yang cocok untuk laptop dengan spesifikasi rendah.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi edit video PC ringan terbaik:

1. Aplikasi Lightworks

aplikasi edit video PC ringan lightworks
Sumber : Facebook @WeAreLWKS

Aplikasi ini memiliki ukuran yang ringan, cocok untuk kamu yang menggunakan laptop dengan spesifikasi minim. Fitur-fitur yang disediakan pun cukup menarik, seperti timeline, preview, effect, media, dan lain-lain.

2. Aplikasi VirtualDub

aplikasi edit video PC ringan virtualdub

Fitur yang paling menarik dari aplikasi ini yaitu fitur perekam layar, yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat konten tutorial mengedit video. Aplikasi ini diperuntukkan untuk pengguna laptop windows dan bisa diunduh secara gratis loh.

3. Aplikasi Corel Video Studio

aplikasi edit video PC ringan corel video
Sumber : Facebook @corelvideostudio

Salah satu fitur yang menarik adalah clearer video, yang akan membuat kualitas suara dalam videomu lebih jernih dan jelas. Tidak hanya itu, masih banyak fitur menarik yang harus kamu coba, seperti score filter, freeze frame, creativity options, efek, dan lain-lain.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, kamu harus membeli lisensinya terlebih dahulu, karena tidak tersedia versi gratisnya.

4. Aplikasi Videopad Video Editor

aplikasi edit video PC ringan videopad
Sumber : nchsoftware.com

Aplikasi ini cocok untuk kamu sebagai pemula, sebab di dalamnya sudah tersedia beberapa template yang siap digunakan.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan lebih dari 10 efek visual dan transisi yang dapat mempercantik videomu. Menariknya lagi, aplikasi ini bisa dijalankan pada PC berkapasitas rendah, yaitu minimal RAM 4gb.

5. Aplikasi Sony Vegas Pro

aplikasi edit video PC ringan vegas
Sumber : vegascreativesoftware.com

Aplikasi edit video PC ringan tanpa watermark satu ini cocok untuk para profesional editor. Untuk bisa menggunakannya kamu harus membayar lisensinya terlebih dahulu, tapi tidak perlu khawatir, karena format video bisa diunduh tanpa watermark loh.

Fitur yang disediakan cukup kompleks, misalnya fitur animasi.

6. Aplikasi AVS Video Editor

aplikasi edit video PC ringan avs
Sumber : avs4you.com

Jika kamu menginginkan hasil video dengan ketajaman tinggi, aplikasi ini sangat direkomendasikan untukmu. Karena, fitur-fitur di dalamnya memungkinkan kamu menghasilkan video Full-HD.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan lebih dari 300 efek transisi yang dapat membuat semakin menarik videomu.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi editing yang cocok untuk laptop/PC dengan spesifikasi minimum. Lalu, hal apa sih yang harus diperhatikan saat mengedit video? berikut informasinya untuk kamu.

Tips Mengedit Video Agar Hasilnya Maksimal

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan oleh pemula saat ingin mengedit video. Berikut 6 tips bermanfaat agar videomu menarik:

1. Shot Video Sebanyak-banyaknya

Sebelum mengedit video, pasti kamu melakukan proses pengambilan terlebih dahulu. Usahakan mengambil video sebanyak mungkin, dengan angle, pergerakan, dan jarak yang berbeda.

Tidak harus menggunakan kamera canggih, kamu bisa mengambil video lewat HP mu saja.

2. Trimming Video Yang Menarik

Setelah mengambil video dalam jumlah yang banyak, langkah selanjutnya yang dilakukan adalah pemotongan video. Di sini kreativitasmu akan diuji, kamu harus mampu  menentukan footage mana yang bagus untuk dipakai dan mana yang harus dibuang.

3. Pakai Transisi

Banyak jenis transisi yang bisa kamu pilih di dalam aplikasi video editing, tapi yang paling banyak digunakan adalah open door, passing by, dan flipping camera.

Kamu harus pandai memilih efek transisi, sehingga footage satu dan lainnya terlihat berkaitan satu sama lain.

4. Gunakan Efek Secukupnya

Pada dasarnya efek adalah fitur untuk mempercantik video saja, digunakan atau tidak tergantung kebutuhan. Jika kamu membutuhkan efek untuk videomu, hindari penggunaan banyak efek yang berbeda. Hal tersebut akan membuat videomu terlihat tidak nyambung dan kurang menarik jika ditonton.

5. Menyisipkan Backsound Yang Sesuai

Pemilihan audio sebagai backsound video merupakan tahap paling penting saat edit video. Pasalnya, backsound yang dipakai akan sangat berpengaruh terhadap hasil akhir video.

6. Mengatur Render Setting 

Setelah melalui tahap edit video, kamu harus melewati tahap render setting untuk memilih format video. Kamu bisa menentukan format video apa yang kamu inginkan, seperti preset, frame rate, audio quality, dan lain-lain.

Tidak hanya format video, tahap render juga memungkinkan kamu memilih kualitas video hingga 4K. Setelah proses render selesai, kamu bisa mengexport hasil video dan siap untuk diunggah pada sosial media.

Itulah beberapa aplikasi edit video PC ringan dan tips mengedit video agar hasil maksimal. Jika sudah berhasil mengedit sebuah video, jangan lupa share pada media sosialmu ya, agar bisa mendapatkan feedback dari followersmu.

Artikel Terkait

0 COMMENTS

LEAVE A COMMENT